Selasa, 08 April 2014

Memperbaiki Kesalahan Backup Database Dengan Seting mysqldump.exe



Memperbaiki kesalahan backup database dengan seting mysqldump.exe

Untuk dapat membuat cadangan database senayan dengan menu Salinan Pangkalan Data bawaan SliMS senayan, perlu terlebih dahulu didefinisikan letak/ seting file mysqldump. Untuk mengetahui cara lain membackup database SLiMS Senayan silahkan buka kembali postingan Cara Buat Backup Dtabase SLiMS Senayan. Karena jika terjadi kesalahan setingan / konfigurasi mysqldum maka SliMS Senayan tidak bida membuat salinan database. Bila saat masuk di panel admin kalian menemukan tulisan  Letak mysqldump tidak sesuai! Periksa kembali berkas konfigurasi aplikasi atau Anda tidak dapat melakukan pencadangan”.

Maka kalian perlu mengkonfigurasi letak / seting mysqldump.
Caranya adalah dengan mengedit file sysconfig.inc.php.
Pertama kalian harus mempunyai software editor saya sarankan menginstal Notepad++. (jika belum punya silahkan download dan instal di komputer kalian).
Setelah diinstal buka Windows Eksplorer. Untuk versi instaler buka C:/xampp/htdocs/meranti/ atau untuk versi portabel di C:/psenayan/apache/htdocs/meranti/ ) cari file sysconfig.inc.php. Klik kanan lalu open with Notepad++.  Cari baris yang tertulis :
$sysconf['mysqldump'] = '/usr/bin/mysqldump'; ubah menjadi
$sysconf['mysqldump'] = 'C:/xampp/mysql/bin/mysqldump.exe'; (jika di drive C:/)
Untuk versi portabel konfigurasi mysqldump sesuaikan menjadi $sysconf['mysqldump'] = 'C:/psenayan/mysql/bin/mysqldump.exe';

Atau gantilah /usr/bin/mysqldump sesuai dengan letak mysqldump di komputer apakah di drive C:/ atau D:/ menggunakan notepad – kalau tidak salah dibaris 180. (untuk versi download dari blog ini, sudah saya settingkan mysqldump.exe di drive C:/ )

 Demikian cara memperbaiki kesalahan konfigurasi mysqldump dengan cara mengubah setingan lokasi mysqldump di SLiMS Senayan. Jika kalian bingung silahkan tanyakan di kolom komentar atau Add FB kami dan kirim pesan. Insya allah kami bantu dengan senag hati. 
Sekian, salam . . .

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Memperbaiki Kesalahan Backup Database Dengan Seting mysqldump.exe
Diposting pada hari : Selasa, 08 April 2014

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Memperbaiki Kesalahan Backup Database Dengan Seting mysqldump.exe