Rabu, 01 Januari 2014

Download e-DDC Versi Terbaru Edisi 23


Download e-DDC Versi Terbaru Edisi 23

Sudah lama saya pengin nyari dan download software e-DDC Edisi 23 terbaru tapi baru sempat mencari hari ini J. Dan ternyata e-DDC Edition 23 (Version 3.2) sudah dirilis pada tanggal 26 Maret 2013. Menurut sang pembuatnya sejak pertama kali dibuat, e-DDC ditujukan untuk membantu pustakawan atau petugas perpustakaan (yang notabene dari berbagai latar belakang keilmuan) dalam mencari dan menentukan nomor klasifikasi koleksi perpustakaan berdasarkan sistem klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dengan lebih mudah, cepat, praktis namun tanpa biaya.
Sekali lagi sebagai "alat bantu alternatif" untuk mencari nomor klasifikasi DDC, dan sama sekali bukan untuk menggantikan DDC itu sendiri.

Dari blog resminya saya download dan instal e-DDC edisi 23 terbaru ini, tampilan e-DDC Edition 23 ini tidak banyak perubahan dibandingkan dengan versi 22, tapi e-DDC Edition 23 (Version 3.2) mempunyai fitur-fitur yang tidak dimiliki e-DDC versi sebelumnya, seperti
  • Notasi Agama Islam under 297 lebih lengkap, sedangkan under 2X0 tetap dipertahankan. Menjadikan e-DDC sebagai satu-satunya pedoman klasifikasi DDC yang menyediakan kedua notasi untuk Agama Islam tersebut. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan. 
  • Disediakan opsi pilihan untuk notasi bahasa Indonesia yaitu under 410 dan 499.221. Notasi bahasa Indonesia under 410 disusun berdasarkan petunjuk pada Schedule DDC Edition 23 Volume 2 page 931 Option A. Baik 410 maupun 499.221 sama benar dan ada dasar hukumnya. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan. 
  • Demikian juga untuk notasi sastra Indonesia disediakan opsi pilihan under 810 dan 899.221. Notasi sastra Indonesia under 810 disusun berdasarkan petunjuk pada Schedule DDC Edition 23 Volume 3 page 794. Sama dengan di atas, baik 810 maupun 899.221 sama benar dan ada dasar hukumnya. Silakan digunakan salah satu sesuai keperluan.
Untuk yang pengin lebih mengenal software e-DDC monggo dibuka artikel mas Rotmianto Mohamad di blognya.

Nah, untuk yang mau download e-DDC edisi 23 versi 3.2 yang terbaru, kalian bisa download langsung di blog resmi e-ddc.org (silahkan dikunjungi untuk info lebih lengkap dan cara pemakaian).

Atau silahkan yang mau langsung juga bisa klik link di bawah ini :

Terima kasih untuk mas Rotmianto Mohamad atas ilmunya.
Semoga bermanfaat

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Download e-DDC Versi Terbaru Edisi 23
Diposting pada hari : Rabu, 01 Januari 2014

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Download e-DDC Versi Terbaru Edisi 23