Selasa, 19 Maret 2013

Cara Buat Backup Database SLiMS Senayan


Beberapa teman sudah mengisi data buku perpusnya ke SLiMS Senayan, lalu karena beberapa hal semuanya sia-sia. Backup Database SLiMS Senayan ini perlu dilakukan untuk menghindari hilangnya data yang sudah kita entry, misalnya karena komputernya eror  lalu harus diinstal ulang, system kita rusak atau error, tidak bisa dibuka lagi karena virus atau apapun itu. Ada 2 tipe file backup yang bisa kita gunakan yaitu tipe sql dan folder. 
Secara umum Backup Database SLiMS Senayan yang sering digunakan adalah tipe sql, tapi jika anda ingin mencoba-coba silahkan saja, berikut saya akan saya terangkan panduannya.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat backup database SliMS Senayan :  
1.  Menggunakan Phpmyadmin
Untuk versi full installer mem-back up database slims senayan lewat phpmyadmin caranya masuk ke phpmyadmin dengan mengetik di addres bar browser “localhost/phpmyadmin” atau “127.0.0.1/phpmyadmin” (jangan ditulis tanda petiknya).
Untuk versi portabel caranya dengan mengetik di adres bar browsernya “localhost/pma” (jangan ditulis tanda petiknya). Jika diminta nama username dan password isikan username = senayanuser dan passwordnya = password_senayanuser

Setelah masuk ke panel localhost. Di kolom kiri di daftar database, pilih nama database yang akan kita backup (nama standarnya adalah senayandb) dan klik nama database ini.  Kemudian di bagian atas cari dan pilih menu export lalu cari dan beri tanda centang tulisan Save As File lalu klik GO. Buka lokasi hasil export / download backup database SLiMS Senayan tadi lalu simpan file senayandb.sql tadi di flashdisk.

Kita sudah mempunyai file back up database senayan, sekarang cara import nya atau memasukkannya lagi ke system senayan yang baru. Caranya buat database dulu di phpmyadmin dengan nama senayandb kemudian klik menu import – browse – pilih file sql hasil back up yang kita lakukan sebelumnya  dan klik GO. Proses import telah selesai dan senayan anda akan normal dengan data baru. 

2.  Menggunakan Menu Backup Database Salinan Pangkalan Data (sama utk versi Installer dan Portabel)
Cara membuat backup database mengunakan Software Senayan langsung sangatlah mudah.
Caranya tentu saja pertama masuk ke librarian login. Jika lupa username dan paswordnya = admin
Lalu masuk ke menu Sistem lalu di kolom Sub Menu kiri pilih Salin Pangkalan Data / Database Backup.
Klik Sub Menu tadi lalu klik tombol yang ada tulisan “Mulai Salinan Baru” / “Start New Backup”, setelah anda klik secara otomatis sistem akan membuat backup database, anda tinggal berdoa dan menunggu.
Untuk versi instaler lokasi file backup tadi ada di C:/xampp/htdocs/meranti/files/backup. Untuk versi portabel lokasi file backup tadi ada di C:\psenayan\apache\htdocs\Meranti\files\backup. Di dalam folder backup tadi cari file yang namanya kurang lebih backup***.sql.
Setelah itu anda tinggal membuka lokasi file hasil backup Senayan tadi lalu simpan file tadi di flashdisk.

3. Copy Folder Database
Untuk berhasil membuat backup database SliMS Senayan, Pertama matikan service XAMPP Apache dan MySql dengan cara klik tombol Stop. Untuk versi portabel tutup jendela apache_start dan mysql_start.
Setelah itu Open Windows Explore buka C:/Xampp/mysql/data (untuk versi instaler) atau C:/Psenayan/mysql/data (untuk versi portabel) dan cari nama folder database anda (misal nama database yang anda buat adl ‘slims’ maka folder databasenya juga ‘slims’) lalu copy / send to flashdisk. Cuma itu tok, dan anda sudah punya backup database SliMS Senayan.
Jika suatu saat anda menginstal lagi software SLiMS Senayan, caranya anda buat database baru di phpmyadmin dulu dengan nama sama seperti database lama (untuk prosedur instalasi SLiMS silahkan buka posting Instalasi dan Download SLiMS 5 Meranti ini.)
Setelah selesai prosesnya instalasi, matikan service XAMPP Apache dan MySql dengan cara klik tombol Stop. Setelah itu COPY folder backup database yang ada di flashdisk, lalu Open Windows Explore buka C:/Xampp/mysql/data dan cari nama folder database anda (misal nama database yang anda buat adl ‘slims’ maka folder databasenya juga ‘slims’) lalu PASTE / Replace folder database  yang baru anda buat.

Oke, demikian cara membuat backup database SliMS Senayan. Silahkan dicoba dan jangan lupa minimal 2 minggu sekali buat backup database baru lalu hapus yang lama. Jika ada kesulitan silahkan tanyakan di kolom komentar atau add facebook kami dan kirimkan pesan.

Terimakasih. Sukses untuk Anda dan selamat bekerja ......

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Cara Buat Backup Database SLiMS Senayan
Diposting pada hari : Selasa, 19 Maret 2013

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Cara Buat Backup Database SLiMS Senayan