Rabu, 26 Desember 2012

2013 Perpusda Kebumen Mendapat Bantuan Mobil

KEBUMEN – Mobil perpustakaan keliling milik Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen (Perpusda) yang jumlahnya baru satu unit dinilai masih belum maksimal menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Kebumen. Beruntung, 2013 mendatang Perpusda Kebumen akan mendapat bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas).
Hal itu dinjanjikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Drs Utut Adianto, saat menjadi narasumber Talk show pada acara Roadshow Perpustakaan Nasional Gerakan Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (24/12).
“Dibanyak daerah Perpustakaan sepi, itu artinya budaya membaca masih kurang. Banyak faktor yang menyebabkan masyarakat malas datang ke perpustakaan, mungkin karena koleksinya yang tidak variatif, maupun karena sarananya belum optimal,” kata beliau.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen H. Adi Pandoyo SH, MSi mengaku, pihaknya sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap kegiatan road show yang digagas Perpusnas RI ini. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat penting dan strategis, mengingat generasi muda yang dipresentasikan melalui pelajar, justru memiliki minat baca yang sangat minim.
Padahal, imbuh H. Adi Pandoyo SH, MSi, secara umum tujuan penyelenggaraan perpustakaan adalah untuk menunjang program wajib belajar, menggalakan minat baca dengan memanfaatkan waktu luang untuk membaca agar tercipta pelajar yang maju, mandiri dan memiliki daya saing “Pentingnya perpustakaan untuk meningkatkan budaya membaca. Untuk itu berbagai upaya harus dilakukan agar Perpustakaan menjadi tempat belajar sepanjang hayat", kata beliau.
Menanggapi problematika perpustakaan di Kabupaten Kebumen, Sekda H. Adi Pandoyo SH, MSi menjanjikan akan merehab gedung Perpustakaan Daerah yang akan dilebarkan dan dilengkapi dengan sanggar kesenian dan Taman Bacaan pada 2014 mendatang.
Sekretaris Utama Perpusnas RI, Drs Dedi Junaidi MSi menuturkan, berbagai penelitian menunjukkan, minat baca masyarakat Indonesia saat ini masih tergolong rendah. Dia menilai hal tersebut akibat minimnya bahan bacaan, di sisi lain membaca belum dirasakan sebagai suatu kebutuhan.
“Artinya belum disadari kalau membaca sangat penting untuk menambah pengetahuan, wawasan serta menumbuhkan inspirasi yang dapat meningkatkan kualitas seorang,” terangnya.
Perpusnas sebenarnya sudah berupaya melakukan berbagai kegiatan pengembangan perpustakaan dan promosi untuk membudayakan gemar membaca. Menurutnya, program tersebut diharapkan dapat merangsang minat dan kegemaran membaca masyarakat, mulai dari anak sejak dini, usia sekolah atau remaja, dewasa hingga lanjut usia.
“Sehingga akan terwujud masyarakat Indonesia yang berbudaya baca, cerdas dan sejahtera,” ujarnya.
Dalam paparannya Drs Dedi Junaidi MSi mengatakan, perpustakaan sebagai Sahabat Pintar Keluarga Indonesia adalah niatan mulia karena sebagai unit terkecil dari masyarakat, keluarga adalah pilar pembentukan karakter seorang. Perpustakaan dan keluarga sebenarnya mempunyai keterikatan erat dalam proses menumbuhkan kecerdasan dan intelektualitas masyarakat. Apabila dalam sebuah keluarga memiliki kebiasaan membaca, maka secara tidak langsung seluruh anggota keluarga tersebut gemar membaca. “Sumber daya manusia yang berkualitas haruslah menguasai ilmu, berwawasan luas, memiliki daya saing dan mempunyai jati diri yang kuat,” paparnya. (ori)

sumber Kebumen Expres

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : 2013 Perpusda Kebumen Mendapat Bantuan Mobil
Diposting pada hari : Rabu, 26 Desember 2012

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk 2013 Perpusda Kebumen Mendapat Bantuan Mobil