Selasa, 18 Oktober 2011

Bintek Pengelola Perpustakaan Sekolah Kab. Kebumen Tahun 2011


Perpustakaan merupakan kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia (Wikipedia). Di kabupaten Kebumen masih banyak SD/MI yang dalam pengelolaan Perpustakaan belum sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku khususnya SD/MI yang telah menerima DAK Perpustakaan, disamping itu masih banyak yang belum memiliki tenaga perpustakaan sehingga kesulitan dalam mengolah buku-buku tersebut menjadi siap layan.
Atas dasar itulah Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen pada tahun anggaran 2011 mengadakan bintek pengelolaan perpustakaan SD/MI penerima dana DAK Perpustakaan. Hal ini dilakukan dengan harapan peserta Bintek mampu menguasai teknis-teknis pengelolaan perpustakaan dengan baik sehingga perpustakaan yang dikelolanya dapat diberdayakan seoptimal mungkin.

Bintek Perpustakaan SD/MI yang diselenggarakan pada tanggal 18 s.d 20 Oktober 2011 dibuka langsung oleh Bupati Kebumen Bapak H.Buyar WInarso, SE. Dalam sambutannya peran serta pengelola perpustakaan SD/MI sangat vital sebab maju tidaknya perpustakaan terletak pada sumber daya manusia yang mengelolanya, disamping itu disampaikan pula tips-tips agar perpustakaan sekolah diminati siswa-siswanya. Selain dihadiri Bupati Kebumen, pembukaan Bintek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah ini juga dihadiri Kabid Dikmen Dindikpor Kab.Kebumen Bapak Drs. Sudirman, juga Anggota DPRD Kab. Kebumen dari Komisi A serta Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten kebumen.














Peserta bintek yang berjumlah 136 orang ini berasal dari perpustakaan SD/Mi yang telah menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) perpustakaan APBD Kabupaten Kebumen tahun 2007 s.d tahun 2010. selama 3 hari peserta memperoleh berbagai materi tentang pengelolaan perpustakaan dari para narasumber antara lain :
Promosi Perpustakaan : Drs.H.Maskhemi,M.Pd
Administrasi Perpustakaan : Dra.Seha Rahayu
Pengadaan dan Layanan Perpustakaan : Budi Harjono,SE
Pengolahan Bahan Pustaka : Sri Bayu Budi K, S.Sos
Klasifikasi dan Katalogisasi : Heli Sri Sukhwati, A.Md
Otomasi Perpustakaan : Ari Prianto, A.Md


Pada hari ketiga peserta mendapat kesempatan berkunjung ke Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen. dengan demikian peserta tidak hanya memperoleh ilmu teoritis tapi juga mendapatkan ilmu praktiknya secara langsung dari para narasumber. Untuk tahun anggaran 2012 Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kebumen akan mengadakan Bintek serupa sehingga SD/MI yang telah menerima DAK Perpustakaan dapat terakomodir semua.

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Bintek Pengelola Perpustakaan Sekolah Kab. Kebumen Tahun 2011
Diposting pada hari : Selasa, 18 Oktober 2011

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Bintek Pengelola Perpustakaan Sekolah Kab. Kebumen Tahun 2011