Senin, 07 Januari 2013

Instalasi SLiMS 5 Meranti + Dewantara

Posting ini saya buat untuk membantu teman2 pustakawan yang kesulitan menginstal SLiMS Meranti karena berbenturan dengan Aplikasi Dewantara.
Karena beberapa hal, ada pengaturan yang berbeda jika anda sudah menginstal Dewantara agar bisa menggunakan SLiMS Meranti. 
Yang pertama, karena sama2 berbasis web maka kedua software ini memerlukan XAMPP (note : versi bawaan XAMPP kedua software ini berbeda).
Artikel ini saya buat agar para pustakawan tidak perlu repot menginstal XAMPP untuk menjalankan SLiMS Meranti, cukup menggunakan XAMPPlite bawaan dari Dewantara. Oke, langsung saja kita mulai . . . . :)
Karena Dewantara sudah menggunakan XAMPP (versi lite) maka tentu saja kita tidak perlu menginstal XAMPP lagi. Hanya saja pastikan saja dewantara anda sudah jalan dan cari di-drive mana anda menginstal Dewantara (drive C:/ atau D:/) 
  1. Ekstrak source kode Meranti ke folder htdocs dimana XAMPP anda terinstal. Jika anda belum mempunyai software meranti silahkan buka artikel Instalasi dan Download SLiMS 5 Meranti 
  2. Buka Browser Firefox lalu panggil PHPMyAdmin. Caranya Ketikkan http://localhost/phpmyadmin lalu tekan Enter di keyboard
  3. Jika anda diminta memasukkan username dan password. Masukkan username : root  dan password : dewantara
  4. Buat database dengan nama slims
  5. Import / dumping tabel untuk database slims
  6. Langkah selanjutnya adalah mengubah konfigurasi database. Buka folder meranti di XAMPPLite/htdocs. Cari file dengan nama sysconfig.inc.php, klik kanan open with notepad++ (jika anda belum memiliki notepad++ silahkan download disini). pada baris ke-505 pada baris ini isikan db_psword dengan 'dewantara' if (!defined('DB_PASSWORD')) { define('DB_PASSWORD', 'dewantara'); }
  7. Cari juga file sysconfig.local.inc.php pada baris ke-35 lakukan hal yang sama pada langkah ke-8. Lalu save perubahan ini
  8. Sekarang buka browser firefox anda dan ketikkan : localhost/meranti
  9. Selamat sekarang anda bisa menggunakan SLiMS meranti
Jika anda masih kesulitan silahkan hubungi kami. 
Untuk langkah detailnya silahkan download disini


Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Instalasi SLiMS 5 Meranti + Dewantara
Diposting pada hari : Senin, 07 Januari 2013

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Instalasi SLiMS 5 Meranti + Dewantara