Senin, 21 April 2014

Cara memperbaiki flashdisk eror / rusak yang minta diformat


Cara memperbaiki flashdisk eror / rusak yang minta diformat 
Suatu ketika ada teman kantor yang flashdisknya eror, tidak bisa terbaca dan minta diformat dan saat ditancapkan di komputer muncul pop-up seperti dibawah ini:
 

Setelah searching di Google, saya dapat satu cara untuk memperbaiki flasdisk yang rusak / eror dan minta diformat. Dan ternyata aplikasi ini juga mampu memperbaiki / mengembalikan data yang hilang baik di flashdisk maupun hardisk.
Software recover flashdisk atau hardisk ini namanya EaseUS Data Recovery. Namun saya tegaskan tidak semua data yang terdelete dapat pulih 100%.
Ok tanpa banyak cakap saya jelaskan caranya seperti ini:
  1. Tancapkan flasdisk yang eror yang akan diperbaiki. Jangan di format dulu. Tenang. Semua masalah pasti ada solusinya ;)
  2. Buka aplikasi "EaseUS Data Recovery Wizard" atau jika belum punya, download dulu disini -->  Versi free Download EaseUS Data RecoveryWizard. Versi full + SN Download EaseUS Data Recovery Full
  3. Install aplikasi seperti biasanya.
  4. Setelah terbuka akan muncul jendela baru lalu untuk flasdisk Pilih Partition Recovery. Untuk hardisk pilih yang Complete Recovery
  5. Setelah itu pilih jenis-jenis file yang ingin di recover, lalu pilih Next.
  6. Pilih disk yang akan di recover (saya pilih USB DISK yang di highlight warna biru). klik Next.
  7. Pilih partisi yang akan di recover (pastikan flashdisk-nya sudah tertancap, kalau sudah tertancap tapi tidak terdeteksi, centang pilihan Full Scan). klik Next.
  8. Kalau partisi yang dipilih sudah sesuai, akan terlihat file-file yang didalamnya. Sekarang pilih / centang file-file mana yang ingin di amankan, dan pilih tempat untuk mengamankannya dalam PC lalu klik Recover
  9. Tunggu proses Recovery sudah berjalan.

Data hasil recovery tadi tinggal sobat pilih mana yang sempurna dan mana yang corupt. Lalu simpan kembali di flashdisk.
Intinya jangan lupa untuk selalu membuat backup data kalian ya . . .

Jika cara diatas tidak berhasil silahkan coba cara kedua dengan mengatasi flasdisk eror dengan aplikasi Partition Find and Mount.
Demikian cara memperbaiki flasdisk yang eror dan tidak terbaca dan minta diformat, semoga berhasil. Dan jangan lupa berterima kasih kepada Tuhan J

Artikel Terkait Lainnya :



Blog Perpustakaan Daerah Kabupaten Kebumen
About this post :
Title : Cara memperbaiki flashdisk eror / rusak yang minta diformat
Diposting pada hari : Senin, 21 April 2014

Jika artikel ini bermanfaat untuk anda. Silahkan tinggalkan komentar atau like Fanspage FB kami :)
Jika anda menemukan link atau sesuatau yang salah silahkan hubungi kami. Semua saran dan komentar akan kami gunakan untuk perbaikan blog ini. Jika ingin mengcopy paste, silahkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :

:: Terimakasih banyak ! ::

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Tulis komentar utk Cara memperbaiki flashdisk eror / rusak yang minta diformat